Home Agenda Diskusi tentang Pemikiran Islam Buya A Syafii Maarif

Diskusi tentang Pemikiran Islam Buya A Syafii Maarif

79
0

Sabtu, 28 Mei 2022 Pukul 16.00 – 17.30

Bersama Dr. Budhy Munawar-Rachman (Dosen STF Driyarkara)

Link: https://zoom.us/j/5561404951

Meeting ID: 556 140 4951

Buya Syafii Maarif adalah seorang pemikir Islam yang bisa kita masukkan dalam gerbong pemikir “neo-modernisme Islam”. Salah satu ciri yang sangat kuat dalam pemikir model ini adalah kemampuannya dalam mengkontekstualisasikan pemikirannya dengan tantangan-tantangan baru. Terutama tantangan kemodernan dan munculnya pemikiran-pemikiran global, seperti demokrasi, pluralisme, hak asasi manusia, sampai kesetaraan gender. Buya adalah seorang pemikir yang mengafirmasi pandangan-pandangan baru sosial politik, dan melawan segala bentuk fundamentalisme.

Kemarin pagi Buya meninggalkan kita semua. Ia adalah pemikir Islam terakhir dari generasinya. Kepergiannya menyusul sahabat-sahabat segenerasinya seperi Harun Nasution, Nurcholish Madjid, Abdurrahman Wahid, dan Djohan Effendi. Forum KPII Sabtu ini akan mengeksplorasi apa sumbangan pemikiran Buya A. Syafii Maarif. Ia sendiri dikenal sebagai pemikir Islam, sejak terbitnya disertasinya tentang Islam dan Pancasila yang memberi sumbangan pada argumen penerimaan Pancasila sepenuhnya dari sudut pandang teologi Islam.

Silakan hadir dalam Forum KPII ini, untuk melihat dan bertukar pikiran, sejauhmana sumbangan Buya Syafii pada “Keislaman-Keindonesiaan dan Kemanusiaan” istilah yang biasa dipakai Buya.

Previous articleDiskusi Masyarakat Filsafat Indonesia : To Write What Cannot be Spoken
Next articleKajian Filsafat Urban Zen : Tawaran Kejernihan untuk Manusia Modern
Dosen Islamologi STF Driyarkara, Jakarta dan Pendiri Nurcholish Madjid Society (NCMS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here